Banyak Akun Youtube Kena Retas, Ini Cara Hacker Membobolnya!

Banyak Akun Youtube Kena Retas, Ini Cara Hacker Membobolnya!Ilustrasi YouTube. ©2018 Independent.co.uk
Merdeka.com - Pada akhir pekan lalu, banyak akun dari YouTuber ternama dunia jadi target serangan siber terkoordinasi yang dilakukan oleh hacker.
Meski belum diketahui siapa dalang aksi peretasan tersebut, mereka spesifik menargetkan influencer di berbagai genre kanal YouTube.
Adapun kanal (channel) YouTube yang menjadi korban aksi peretasan tersebut, termasuk teknologi, musik, gim, dan otomotif. Menjadi korban peretasan, mereka pun langsung mengeluh dan bertanya-tanya bagaimana akun YouTube mereka bisa di hack lewat Twitter.
Mengutip laporan penyelidikan ZDNet via Tekno Liputan6.com, YouTuber di berbagai dunia tersebut telah menjadi korban dari serangan phishing yang terkoordinasi.
Sayangnya, tidak disebutkan secara spesifik YouTuber mana yang terkena retas.

Cara Hacker Akses Akun YouTuber

Berdasarkan laporan yang sama, para peretas mampu mendapatkan database dan mengirim halaman login Google palsu ke masing-masing alamat email terkait.
Namun, laman tersebut malah mencuri informasi data korban dan menggunakannya untuk mengakses akun YouTube mereka.
Hacker pun langsung mentransfer seluruh data korban ke pemilik baru dan mengubah alamat URL kanal YouTube, sehingga membuat korban berpikir akun mereka telah dihapus.
Hingga saat ini, masih belum diketahui apakah aksi peretasan sejumlah akun YouTuber tenar tersebut dilakukan oleh kelompok hacker atau satu orang.
Sumber: Liputan6.com
Reporter: Yuslianson [idc]
Share:

Recent Posts