Cara Gratis dan Mudah Unduh Video YouTube di Ponsel

TubeMate, Cara Gratis dan Mudah Unduh Video YouTube di Smartphone Foto: GettyImages

Jakarta - Menonton video lewat YouTube sekarang sudah menjadi bentuk hiburan tersendiri. Tapi tentu saja untuk menonton video di YouTube membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Belum lagi jika kalian sedang bepergian ke suatu tempat dengan jangkauan internet yang belum optimal. Salah satu cara yang mudah untuk bisa terus menikmati video di YouTube adalah dengan mengunduhnya.

Banyak aplikasi pengunduh video YouTube yang tersedia. Bahkan aplikasi YouTube untuk Android dan iOS juga memiliki fitur download, tapi tidak semua video bisa diunduh dengan cuma-cuma.

Salah satu aplikasi yang populer untuk mengunduh video YouTube adalah TubeMate. Penasaran bagaimana cara memakainya? Simak dulu tips berikut ini.

1. Izinkan Instalasi Aplikasi 'Asing'

Aplikasi TubeMate tidak tersedia di Google Play Store karena Google tidak senang dengan adanya aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video YouTube.

Mengunduh video dari YouTube sendiri tidak terbilang ilegal asal kalian tidak menggunakan video tersebut untuk alasan komersial atau mendistribusikannya. Tapi tindakan ini memang melanggar syarat dan ketentuan Google.

Sebelum mengunduh aplikasi TubeMate, pastikan kalian sudah memberi izin untuk menginstal aplikasi asing yang kalian unduh di luar Play Store. Hati-hati ketika kalian mengaktifkan fitur ini karena kalian harus pastikan aplikasi yang diinginkan aman dan terpercaya.

Caranya untuk memberi izin instalasi ini adalah masuk ke aplikasi Settings kemudian pilih Security. Sroll ke bawah hingga kalian menemukan opsi 'Unknown sources' atau 'Install unknown apps' tergantung pada smartphone kalian, setelah itu klik toggle yang ada hingga aktif.

2. Download dan Instal TubeMate

Gunakan browser di smartphone atau tablet Android kalian untuk mengunduh APK TubeMate terbaru di tubemate.net. Pilih salah satu dari tautan download yang tersedia. Klik link dari situs yang sudah diverifikasi dan unduh APK TubeMate.

Kalian mungkin akan melihat peringatan tentang mengunduh file APK. Cukup klik OK untuk mengizinkannya. Setelah selesai diunduh, klik Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

3. Pilih Video yang Ingin Diunduh

Buka aplikasi TubeMate yang telah diinstal dan kalian akan melihat tampilan TubeMate terlihat seperti aplikasi YouTube untuk Android. Di bagian atas aplikasi terlihat ikon kaca pembesar yang bisa kalian gunakan untuk mencari video YouTube yang spesifik.

4. Download Video

Setelah memilih video YouTube yang diinginkan di TubeMate, buka dan putar video tersebut. Nanti kalian akan melihat tombol 'Download' berwarna merah yang ada di bagian kanan bawah.

Klik tombol merah tersebut dan kalian akan melihat daftar berbagai format audio dan kualitas video yang berbeda. Pilih format dan kualitas yang kalian rasa paling cocok, setelah itu klik tombol 'Download' sekali lagi.

Video kalian akan diunduh di background dan kalian bisa menggunakan smartphone seperti biasa. Kalian juga bisa memasukkan video ke dalam daftar antri untuk diunduh nanti. Ini berguna jika kalian tidak ingin menggunakan kuota internet dan menunggu hingga mendapatkan koneksi Wi-Fi.

Bagaimana detikers, mudah kan cara download video YouTube menggunakan aplikasi TubeMate?

Sumber: https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4659893/cara-gratis-dan-mudah-unduh-video-youtube-di-ponsel
Share:

Recent Posts